Primbon, Mistik, Klenik, Paranomal, Metafisika
Pendulum Audio Pembangkit Energi Metafisika
Metode Alternatif Tambah Tinggi Badan Rajah Penakluk Sukma
Super Hipnotis Modern : Pengaruhi Orang Jarak Jauh Audio Zikir Menetralisir Energi Negatif
Paket Belajar Hipnotis Audio Pembangkit Energi Metafisika
Pendulum Ajaib untuk Deteksi Berbagai Hal Tasbih Nur Karomah
Software Pemusnah Santet Rahasia Dahsyat Kunci Kekayaan Agung
Nomor Handphone Pendongkrak HOKI VCD : Senam Praktis Penyembuh Sgl Penyakit
ilmu tenaga dalam kalung penyembuh penyakit
 
Sabtu Pon, 20 Oktober 2018 (9 Safar 1440H)   

[ ADS ]
[ KEILMUAN ]

menaklukan pelaku ilmu gendam

agar lolos dari pemeriksaan oknum aparat

asma patirasa

rajah ilmu menghilang

asmak getak ambyak

doa pegangan para pemimpin

menundukan masyarakat di suatu daerah

khasiat hizib nasr




[ ARTIKEL ]

 misteri tengu : setan terbang dari jepang

 menemukan sehat dalam yoga

 bangkitnya kembali ilmu akupuntur

 ritual untuk tidur nyenyak

 pengobatan alternatif untuk jerawat



[ TEROPONG ]
Tafsir Mimpi
Kedutan
[ MENU ]
JOIN NOW
LOGIN
Konsultasi Spiritual


Home > Artikel > Detail
pelatihan seni penyembuhan

Tips Memilih Keris yang Baik

by : Indospiritual
Kategori : Umum
 
Sebenarnya tidak ada pedoman yang jitu untuk memilih keris yang baik. Sebab setiap orang, mau tidak mau, akan dipengaruhi oleh subnyektifitas pribadinya dalam memilih sesuatu, termasuk keris. Dulu, di Pulau Jawa nenek moyang kita memberikan pedoman bahwa keris yang baik harus memenuhi kriteria sepuh, tangguh, wutuh. Tua umurnya, jelas tangguh-nya, dan utuh barangnya.

Karena criteria ala Jawa itu sulit difahami teman-teman pecinta keris yang non Jawa, pada tahun 1982 saya membuat kriteria baru yang saya harapkan lebih mudah dimengerti, yakni Indah, Tua, Utuh, disingkat ITU. Maksudnya, keris yang baik harus indah, tua, dan utuh. Tetapi karena sadar bahwa dalam memilih keris seseorang akan dipengaruhi subyektifitasnya, maka sejak tahun 1996 saya mengatakan bahwa kritetia Indah, Tua, Utuh dapat dan boleh dibolak-balik sesuai dengan selera orang yang akan memilih keris itu. Jadi, kriteria itu dapat menjadi Utuh, Tua, Indah, atau Indah, Utuh, Tua, bisa juga Indah, Utuh, Tua.

Yang memakai kriteria ITU, biasanya lebih mementingkan keindahan keris. Soal ketuaannya nomor dua, sedangkan keutuhannya nomor terakhir. Yang penting indah dulu, soal tua dan utuhnya prioritas berikutnya. Yang suka memakai kriteria UTI, biasanya menomorsatukan utuhnya keris. Soal tua dan keindahannya urusan belakang. Demikian pula mereka yang menggunakan kriteria IUT, UIT, TUI, atau TIU, masing-masing memiliki prioritasnya sendiri.

Karena perbedaaan kriteria itulah maka dalam pergaulan sesama pecinta keris kita melihat adanya teman yang suka mengkoleksi keris-keris nom-noman yang dibuat setelah zaman Paku Buwono IV atau zaman Hamengkubuwono I. Ada pula yang suka mengkoleksi keris-keris tua, walaupun tidak lagi utuh. Yang jelas, kita semua harus menghormati selera orang lain. Kita tidak boleh mencela selera orang.

Yang harus kita sayangkan adalah kalau untuk mengejar "ketuaan" keris maka orang itu lalu mengeroposkan keris dengan merendam di larutan tertentu; atau untuk mengejar keutuhannya lalu mengikir atau menggerinda bilah keris.


Tips Mengganti Perabot Keris

Dalam dunia perkerisan, kadang-kadang kita dengar kalimat: "Warangka keris ini harus diganti dengan warangka yang terbuat dari kayu nagasari, ukirannya harus dari kayu dewandaru". Atau, kalimat: "Keris ini tidak boleh diberi warangka, karena "isi" keris itu tidak suka diberi warangka."

Terhadap kalimat-kalimat seperti itu, saya menganjurkan agar tidak usah terlalu digubris.

Menurut pendapat saya, kalau keris sudah menjadi milik seseorang secara sah, maka orang itu berhak mengganti warangka dengan bentuk yang sesuai menurut seleranya, terbuat dari bahan kayu yang disukainya. Isi keris yang baik, tidak akan protes atau menuntut, sebab ia pun sudah menjadi milik si empunya keris.

Pedoman mengganti warangka keris adalah sebagai berikut:

1. Warangka keris yang lama memang sudah rusak, dan sudah waktunya diganti, atau warangka keris yang lama terlalu sederhana, sedangkan bilah kerisnya istimewa. Bayangkan, kalau Anda punya puteri cantik, apa akan dibiarkan kalau ia mengenakan pakaian kumal dan compang-camping?

2. Kalau Anda orang Madura, dan sesekali harus mengenakan pakaian adat Madura, sebaiknya keris Anda diberi warangka Madura pula. Dan, sebaiknya warangka itu dipesan dari mranggi pembuat warangka Madura pula. Demikian pula kalau Anda berasal dari daerah lain, sebaiknya bentuk warangka disesuaikan dengan daerah Anda. Kecuali, jika Anda akan mengkoleksi model-model warangka dari berbagai daerah, atau Anda tidak berniat akan mengenakan keris itu.

3. Sebilah keris boleh diberi dua atau tiga warangka sekaligus. Misalnya, Anda hanya punya sebilah keris, Anda boleh saya memesan sekaligus tiga warangka untuk keris itu. Misalnya, yang satu model ladrang atau branggah, atau daunan, dapat Anda pakai bila menghadiri undangan. Yang satu lagi model gayaman, yang dapat Anda kenakan bilamana Anda bertugas menjadi panitia atau seksi sibuk dalam suatu perhelatan. Dan terakhir, warangka sandang walikat, yang dapat Anda gunakan kalau Anda membawa keris itu dalam perjalanan ke luar kota.


Sumber : geocities.com/javakeris



 
KOMENTAR ANDA :




ARTIKEL LAINNYA
ikan bermata empat di batanghari

sisa kain kafan mama lauren hilang

churchill sengaja rahasiakan ufo perang dunia

menebak kepribadian seseorang dari belahan rambutnya

kerokan dan masuk angin

kisah mistis di sekitar kantor gubernur dki jakarta

fenomena kesurupan di candi borobudur

sosok misterius bikin heboh warga swiss

berbagai mitos seputar gunung padang

para tokoh sakti penunggu merapi

 
 
 
VIDEO MISTERI PILIHAN
Penampakan Hantu yang Jadi Headline di Koran Jepang
 


[ ADS ]
bisnis crypto
[ PRODUK ]

metode astral projection anti gagal

kumpulan audio hipnoterapi

program pembangkitan ilmu tenaga dalam

pagar gaib mobil

tasbih kayu kokka asli

metode alternatif menambah tinggi badan secara alami



[ PENCARIAN ]

Kata yang dicari



di



[ NETWORK ]






loading...

Email : support@indospiritual.com SMS CENTRE : 0813-8698-9797 (Sabtu/Minggu/Hari Besar Libur)
CopyLeft @ 2018, IndoSpiritual.com