Primbon, Mistik, Klenik, Paranomal, Metafisika
 
Jum'at Pahing, 27 Februari 2015 (8 Jumadil Awwal 1436H)   





[ KEILMUAN ]

asma permainan bola api

ilmu syahadat banten

menyembuhkan kecanduan narkoba secara alami

ilmu penetralisir racun

terbebas dari impian yang menyeramkan

ilmu keselamatan

mantra penakluk santet

ilmu ucapan bertuah




[ ARTIKEL ]

 heboh penampakan hantu di istana hampton court inggris

 inilah bisnis yang bersinar di tahun kambing kayu

 ahli geologi ini percaya batu akik mengandung energi

 fenomena ruqyah di jaman modern

 air suci penyembuh penyakit di kapel maria annai, medan



[ TEROPONG ]
Tafsir Mimpi
Kedutan
[ MENU ]
JOIN NOW
LOGIN
Konsultasi Spiritual


Home > Artikel > Detail
Bookmark MEREKAM JEJAK WALIYULLAH DI KOTA BOGOR at Your Social Bookmarking Website    add favorites to your browser   Kamus Mistik, Klenik, Metafisik
Pelatihan Inti Energi dan cupu besi kursani

Merekam Jejak Waliyullah di Kota Bogor

by : Indospiritual
Kategori : Umum
 
kuburan wali AllahPerkampungan Arab Empang ternyata mempunyai kisah sejarah yang berpengaruh bagi perkembangan dan penyebaran agama Islam di Kota Bogor.

Tepat berada di pertengahan perkampungan Arab Empang, terdapat sebuah bangunan masjid yang menjadi saksi bisu penyebaran Islam di Kota Bogor. Masjid ini dinamai An Nur yang dibangun oleh Habib Abdullah bin Mukhsin Al Athas pada 1828 M.

Tokoh ini merupakan salah satu waliyullah (wali Allah-red) yang mempunyai peranan penting dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia. Abdullah bin Mukhsin berasal dari Yaman Selatan dan membangun Masjid An Nur bersama kerabatnya. Di Kampung Empang Abdullah bin Mukhsin menikahi seorang wanita keturunan Dalem Shalawat. Dari sanalah Abdullah bin Mukhsin mendapatkan wakaf tanah yang cukup luas.

Sampai sekarang sedikitnya 85 bangunan yang terdapat di Kampung Empang masuk dalam sertifikat atas nama Al Habib Abdullah bin Mukhsin Al Athas. Di area tersebut juga terdapat rumah peninggalan Habib Abdullah yang sekarang ditempati oleh keturunannya.

Setelah wafat, jasad waliyullah ini dimakamkan di bagian barat Masjid An Nur. Selain makam Habib Abdullah, di area pemakaman ini terdapat makam dari kerabat dan keturunannya. Berkat jasa–jasanya menyebarkan agama Islam, banyak sekali peziarah yang datang untuk mendoakannya.

Menurut H Idrus, salah satu keturunan dari Habib Abdullah, makam keramat habib sering dikunjungi banyak orang. "Biasanya ramai saat malam Jumat atau hari besar keagamaan Islam," jelas H Idrus.

Menurut dia, bila sedang ramai area masjid dan pemakaman penuh pengunjung. Mereka mendoakan habib dari malam sampai subuh. Peziarahnya pun datang dari berbagai daerah. Bahkan ada yang datang dari luar negeri.

Adalah Ustad Subana Abdullah Toha, salah satu peziarah yang datang bersama rombongan. Mereka datang dari daerah Cikarang, Bekasi ini merupakan kelompok pengajian Majelis Tawasul. "Kami datang ke sini memang sengaja untuk mendoakan Waliyullah Habib Abdullah. Sebelumnya, kami memang sudah pernah ke sini," ucap Ustad Subana sebagai ketua rombongan.

Menurutnya, jika doa ingin diterima oleh Allah SWT, maka berterima kasihlah dahulu kepada yang menyebarkan agama Islam, maka insya Allah doa akan terima. "Kami memang sengaja mencari dan mendatangi makam–makam para wali penyebar agama Islam, karena itu memang disyariatkan oleh agama," tambah dia. Subana.

Selain banyak peziarah yang berasal dari berbagai daerah, ternyata Masjid An Nur ini pernah dikunjungi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Saat Maulid Nabi kemarin, Presiden SBY sempat datang ke sini," jelas H Idrus, keturunan dari Habib Abdullah.

Kata dia, Presiden SBY memang sudah dua kali datang ke Masjid An Nur untuk menghadiri Maulid Nabi. Selain Presiden SBY, banyak petinggi di negeri ini yang berkunjung ke Masjid An Nur.

"Presiden pertama kita, Ir Soekarno pernah salat berjamaah dengan Presiden Mesir Jenderal Gamal Abdul Naser pada 1955 saat digelar Konferensi Asia Afrika. Kedutaan dari Timur Tengah juga sering berkunjung ke masjid dan salat berjamaah di sini," beber H Idrus.

Perkembangan yang terjadi dari area Mesjid An nur ini adalah dibangunnya Yayasan Pendidikan Islam An Nur, yang didirikan oleh Habib Hussein bin Abdullah bin Mukhsin Al Athas. Beliau adalah anak dari Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas.

Tujuan didirikannya yayasan ini agar pendidikan dan ilmu agama Islam bisa diperkenalkan kepada anak–anak. Selain mendirikan yayasan, renovasi juga telah dilakukan guna memperbaiki dan memperindah bangunan masjid.

Masalah dana untuk merawat atau menjaga area masjid ini, pihak keluarga keturunan habib sekaligus pengurus mengandalkan dari sumbangan para peziarah dan juga uang sumbangan dari para dermawan. Sumber dana ternyata tak dari situ saja. Presiden SBY pernah membantu menyumbangkan dana untuk merawat masjid.

"Selain dari sumbangan peziarah, pemerintah dan Pak SBY juga turut menyumbangkan dana untuk merawat masjid ini," ujarnya saat ditanya mengenai sumber dana pemeliharaan masjid.

Selain itu, pihak Pemerintah Kota Bogor turut serta membantu menyumbangkan dana. H Sahlan Rasyidi, selaku kepala bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor menerangkan, Pemkot ikut turut serta menyumbang untuk merawat Masjid An Nur. "Masjid An Nur sendiri sudah ditetapkan sebagai angunan Cagar Budaya, dan termasuk dalam salah bangunan situs wisata rohani," ujar H Sahlan Rasyidi.

Sumber : okezone.com

 
KOMENTAR ANDA :




ARTIKEL LAINNYA
vatican: upaya pencarian alien tidak melawan tuhan

menarik rejeki dengan de-clutter

penyakit aneh manusia gelembung asal ri jadi sorotan internasional

tirakat di tempat keramat agar lolos cpns

mengenal tradisi puasa kejawen di indonesia

ramalan horoskop 2015

peristiwa mistis di balik evakuasi pesawat air asia qz8501

ramalan indonesia 2009 versi mama lauren

heboh satria piningit mengaku datangkan tsunami aceh 2004

wisata berburu hantu di penjara inveraray skotlandia

 
 
VIDEO MISTERI PILIHAN
Penampakan Hantu di Sebuah Toko di Inggris
 


[ SPONSOR ]
[ PRODUK ]

metode astral projection anti gagal

kumpulan audio hipnoterapi

program pembangkitan ilmu tenaga dalam

pagar gaib mobil

tasbih kayu kokka asli

metode alternatif menambah tinggi badan secara alami



[ PENCARIAN ]

Kata yang dicari



di



[ NETWORK ]





[ STATISTIK ]

  Member Aktif : 89



website security

Nomor HP Hoki Audio Pembangkit Energi Metafisika
Metode Alternatif Tambah Tinggi Badan Rajah Penakluk Sukma
Super Hipnotis Modern : Pengaruhi Orang Jarak Jauh Audio Zikir Menetralisir Energi Negatif
Paket Belajar Hipnotis Audio Pembangkit Energi Metafisika
Pendulum Ajaib untuk Deteksi Berbagai Hal Tasbih Nur Karomah
Software Pemusnah Santet Rahasia Dahsyat Kunci Kekayaan Agung
Nomor Handphone Pendongkrak HOKI VCD : Senam Praktis Penyembuh Sgl Penyakit
Pagar Gaib Mobil kalung penyembuh penyakit

Email : support@indospiritual.com, SMS CENTRE : 0813-8698-9797 (Sabtu/Minggu/Hari Besar Libur)
CopyLeft @ 2015, IndoSpiritual.com