Primbon, Mistik, Klenik, Paranomal, Metafisika
 
Sabtu Wage, 1 November 2014 (8 Muharam 1436H)   









[ KEILMUAN ]

mengaktifkan pendulum batin

doa memohon kesuksesan tempat yang baru

ilmu pengasihan ampuh penakluk siapapun

menghancurkan virus penyakit di tubuh

memilih jodoh yang tepat

agar bisnis yang terpuruk bangkit kembali

agar tubuh kebal dari pukulan lawan

memproteksi tubuh agar tidak bisa dimasuki jin




[ ARTIKEL ]

 halloween dan mitos seputar makanan

 ramuan tradisional penangkal santet

 benteng bhangarh fort, objek wisata hantu di india

 kisah mistik gunung mujarrob

 kisah mistis mustika kepompong cokro aminoto



[ TEROPONG ]
Tafsir Mimpi
Kedutan
[ MENU ]
JOIN NOW
LOGIN
Konsultasi Spiritual


Home > Artikel > Detail
Bookmark KESURUPAN : GANGGUAN MAHLUK HALUS ATAU GANGGUAN JIWA? at Your Social Bookmarking Website    add favorites to your browser   Kamus Mistik, Klenik, Metafisik
Pelatihan Aktivasi Kerejekian

Kesurupan : Gangguan Mahluk Halus atau Gangguan Jiwa?

by : Indospiritual
Kategori : Umum    kirim ke lintas.me
 
kesurupanNuansa mistis selalu hadir saat ada orang kesurupan, baik kesurupan massal maupun individual. Anggapan bahwa makhluk halus telah merasuki korban akhirnya memunculkan berbagai ritual pengusir setan. Benarkah makhluk halus penyebabnya?

Dr Prianto Djatmiko, SpKJ, psikiater dari RS Soeharto Heerdjan Grogol membenarkan adanya tanda-tanda atau gejala yang bisa menyertai saat orang akan kesurupan. Tidak sulit untuk dikenali oleh orang awam, sebab kadang hanya berupa keluhan-keluhan ringan sehari-hari.

"Gejala yang muncul bisa berupa spektrum ringan seperti diawali dengan kondisi tubuh yang lemas, pusing, berdebar, keringat dingin, pingsan beberapa saat dan meronta ketika bangun," jelas Dr Prianto saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis pada Rabu.

Meski demikian, Dr Prianto mengatakan bahwa gejala itu bisa sangat bervariasi pada setiap orang. Beberapa orang tidak mengalami lemas dan pusing, melainkan justru gelisah dan tidak tenang. Pendek kata, terjadi perubahan perilaku yang membuat orang tersebut tampak aneh.

Orang-orang yang menjadi gelisah atau agitatif saat akan kesurupan biasanya akan mengalami depersonalisasi atau hilang kesadaran akan identitasnya sendiri. Fenomena ini terjadi karena saat kesurupan, pasien mengalami perubahan identitas menjadi seseorang yang lain.

Disorientasi lingkungan juga bisa terjadi saat orang mengalami kesurupan. Pasien mendadak merasa asing dengan lingkungan tempat ia berada, lalu mulai gelisah dan makin lama akan semakin panik dan akhirnya menjadi histeris. Saat berteriak-teriak inilah biasanya orang dikatakan kesurupan.

"Seseorang yang kesurupan bisa saja tidak tahu ada di mana dan tiba-tiba merasa di suatu tempat yang dia takuti," tambah Dr Prianto.

Kesurupan adalah bagian dari suatu gangguan konversi atau disosiatif yang merupakan gangguan jiwa neurotik. Namun, fenomena ini bisa diatasi secara medis. "Secara global peristiwa ini dipengaruhi oleh faktor psikososial dan lingkungan yang terdiri atas dua faktor, yakni faktor biopsikososial (seperti tekanan dalam bentuk sugesti) dan faktor sosiokultural (kepercayaan masyarakat Indonesia mengenai unsur-unsur mistis)," lanjutnya.

Salah satu fenomena yang hingga kini masih sulit dijelaskan secara medis adalah kesurupan yang membuat seseorang tiba-tiba bisa berbahasa asing. Fenomena ini umumnya merupakan salah satu bentuk konversi, namun harus dilihat dulu apakah bahasa asing yang digunakan itu benar.

Ada kalanya orang tersebut sebenarnya menguasai bahasa asing, namun dalam kondisi sadar tidak terlalu PD (percaya diri) untuk menggunakannya sehingga tidak ada yang tahu. Nah, jika dalam kondisi kesurupan menjadi lebih PD maka orang akan menganggapnya sedang kesurupan arwah orang asing.

Pendapat MUI

Dalam fatwanya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) memang membenarkan adanya kahanah atau hal-hal gaib yang bisa mengganggu manusia. Namun menurut Ketua MUI, Drs H Amidhan Saberah, kesurupan massal yang sering terjadi di sekolah-sekolah bukan termasuk dalam khananah atau yang berhubungan dengan dunia mahlus halus/gaib. Menurutnya, kesurupan massal lebih disebabkan oleh faktor kejiwaan. "Para ahli mengatakan ada stres, dan kelabilan pada diri seseorang sehingga mudah kesurupan," kata Amidhan saat dihubungi detikHealth.

Perempuan Lebih Rentan Terkena Kesurupan

Dalam berbagai kasus kesurupan massal, yang menjadi korban atau pasien kebanyakan adalah kaum perempuan. Tak heran jika kemudian muncul anggapan bahwa perempuan lebih rentan kesurupan. Fakta ini pun diakui oleh pakar kesehatan jiwa.

"Dari fenomena yang selama ini terjadi, bisa dikatakan kesurupan lebih banyak terjadi pada wanita dibanding pria," kata Dr Prianto Djatmiko, SpKJ.

Menurut Dr Prianto, kesurupan disebabkan juga oleh faktor psikososial seperti sedang ada konflik, stres dalam menghadapi ujian dan sebagainya. Sayangnya tidak dijelaskan mengapa faktor-faktor tersebut lebih banyak menyebabkan kesurupan pada perempuan dibanding laki-laki.

Dalam pemahaman orang awam, perempuan lebih sensitif secara emosional. Termasuk dalam kasus-kasus kesurupan massal, perempuan dianggap lebih mudah terbawa oleh suasana sehingga lebih mudah tertular saat ada orang lain di sekitarnya yang sedang kesurupan.

Pendapat Pakar Hipnoterapi


Sementara itu, praktisi hipnoterapi Soegiono menjelaskan kesurupan bisa terjadi bila believe bisa menembus antara pikiran sadar dan bawah sadar, yang artinya membuka filter yang ada dalam diri manusia. Terbukanya filter manusia ini disebut introject.

"Kecenderungan kesurupan terjadi pada usia anak-anak dan remaja. Ini karena anak dan remaja paling rentan untuk mengadopsi berbagai memori dalam kehidupan dan mudah tersugesti. Berbeda dengan orang dewasa yang umumnya lebih sulit ditembus dengan introject," ujar Soegiono.

Cara Membedakan Kesurupan Mahluk Halus dengan Kesurupan Gangguan Jiwa


Untuk mengetahui penyebab kesurupan dari seseorang, kita tidak hanya bisa berpatokan pada pendapat ulama saja atau pendapat ahli kejiwaan saja karena masing-masing pihak biasanya bersikeras bahwa teorinya lah yang paling benar. Ahli kejiwaan biasanya tidak akan mau mengakui bahwa kesurupan juga bisa terjadi karena mahluk halus.Begitu juga para ulama maupun praktisi supranatural hanya mengetahui bahwa penyebab kesurupan adalah mahluk halus. Padahal kesurupan juga bisa terjadi karena gangguan kejiwaaan. Lalu bagaimana membedakan kesurupan yang yang disebabkan oleh mahluk halus dan kesurupan yang disebabkan oleh gangguan jiwa?

Bagi praktisi supranatural sebenarnya mudah karena dengan berbagai metode bisa mendeteksi apakah ada mahluk halus atau tidak didalam tubuhnya. Dengan dibacakan ayat-ayat tertentu yang diambil dari kitab suci maka orang yang kesurupan akan bereaksi terhadap ayat-ayat yang kita bacakan atau bereaksi jika kita menyalurkan tenaga dalam ke tubuhnya yang diduga ada mahluk halus. Reaksinya misalnya berteriak kepanasan atau meminta ampun.

Jika orang yang kesurupan tidak bereaksi terhadap ayat-ayat yang dibacakan atau tidak bereaksi terhadap metode supranatural untuk menyembuhkan kesurupan maka hampir bisa dipastikan bahwa kesurupan tersebut karena adanya gangguan kejiwaan, kepribadian ganda dan sejenisnya.

Bagi dokter kejiwaan, solusi kesurupan biasanya disuntik obat penenang. Jadi kasihan jika orang yang kesurupan karena mahluk halus malah dikasih obat penenang yang notabene obat kimia. Dengan kita memahami hal-hal supranatural dan juga memahami masalah kejiwaaan, maka kita bisa memberikan solusi penanganan yang tepat untuk korban kesurupan.

Sumber : detik.com dan berbagai sumber.

 
KOMENTAR ANDA :




ARTIKEL LAINNYA
mengenal dunia peri

berbagai kesenian mistis di indonesia

bentuk kuku dan kaitannya dengan kepribadian

wajah wanita dan karakternya

mati suri sama dengan halusinasi?

danau aneh yang tidak membeku di kutub selatan

sejarah tenaga dalam indonesia

peruntungan anda tahun 2009 berdasarkan zodiak

orang utan surabaya ramal italia juara piala eropa

riwayat hotel paling angker sedunia

 
 
VIDEO MISTERI PILIHAN
Danniel Tammet : Si Otak Super
 


[ SPONSOR ]


[ PRODUK ]

metode astral projection anti gagal

kumpulan audio hipnoterapi

program pembangkitan ilmu tenaga dalam

pagar gaib mobil

tasbih kayu kokka asli

metode alternatif menambah tinggi badan secara alami



[ PENCARIAN ]

Kata yang dicari



di



[ NETWORK ]





[ STATISTIK ]

  Member Aktif : 141



website security

Nomor HP Hoki Audio Pembangkit Energi Metafisika
Metode Alternatif Tambah Tinggi Badan Rajah Penakluk Sukma
Super Hipnotis Modern : Pengaruhi Orang Jarak Jauh Audio Zikir Menetralisir Energi Negatif
Paket Belajar Hipnotis Audio Pembangkit Energi Metafisika
Pendulum Ajaib untuk Deteksi Berbagai Hal Tasbih Nur Karomah
Software Pemusnah Santet Rahasia Dahsyat Kunci Kekayaan Agung
Nomor Handphone Pendongkrak HOKI VCD : Senam Praktis Penyembuh Sgl Penyakit
Pagar Gaib Mobil kalung penyembuh penyakit

Email : support@indospiritual.com, SMS CENTRE : 0813-8698-9797 (Sabtu/Minggu/Hari Besar Libur)
CopyLeft @ 2014, IndoSpiritual.com